PERKEMBANGAN EVOLUSI KOMPUTER DARI ENIAC SAMPAI MIKROPROSESOR

KOMPUTER GENERASI PPERTAMA

Komputer ini biasanya digunakan untuk tujuan siantifik bukan untuk kegunaan umum karena ukurannya yang sangat besar dan membutuhkan ruang yang sangat besar juga. komputer ini menggunakan tabung vakum yang sangat banyak hingga ribuan yang menyebabkan cepat panas dasn mudah terbakar. tabung vakum ini berguna sebagai tempat memproses dan menyimpan data. selain itu juga membutuhkan banyak tenaga elektrik sehingga menyebabkan gangguan elektrik di sekitarnya.
komputer generasi pertama contohnya adalah eniac yang dirancang oleh Dr.john mauchly pada tahun 1946. komputer eniac mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan.

KOMPUTER GENERASI KEDUA

komputer generasi ke dua syudah menggunakan komponen komponen transistor untuk CPU, dikarenakan daya tahan transistor lebih baik dari pada tabung vakum. Channel data muncul pada di generasi ini. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetic yang menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik selain itu pemrosesan dan ingatan utama komputer juga bertambah. Bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai digunakan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Transistor (FORTRAN) dan ALGOL. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Komputer generasi ketiga menggunakan perangkat keras yang di karakteristikkan dengan banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi. walaupun transistor dikatakan lebih baik dari pada tabung vakum namun transistor menghasilkan energi panas cukup besar yang dapat merusak komponen internal. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi.
Komputer generasi ketiga pertama sebuah komputer yaitu IBM S/360 atau IBM System 360 menggunakan komponen IC yang diumumkan pada tanggal 7 April 1964.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

komputer ini di karakteristikkan dengan memori semi konduktor yang cepat, ukuran kecil dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Setelah IC, tujuan pengembanagan yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Very large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampun memasang sedemikian banyak komponen dalam satu keping kecil menjadikan turunnya harga komputer dan ukuran komputer. Hal tersebut tentunya meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keandalan komputer.

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Komputer zaman sekarang sudah berkembang jauh lebih canggih dalam kemampuan dan sudah berkembang sangat pesat. selain itu bentuk komputer zaman sekarang sudah semakin disesuaikan sesuai kebutuhan.
Generasi komputer saat ini sudah mempunyai bentuk umum yaitu :
1 CPU
2 Monitor
3 Keyboard
4 Mouse
Namun kebutuhan komputer yang di butuhkan manusia saat ini semakin lama semakin kompleks dan kebutuhan jenis komputer yang disesuainkan dengan kebutuhan maka saat ini banyak perkembangan perkembangan hardware yang diimbangi dengan kualitasnya juga yang sudah semakin maju.